Satya Paramartha

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-50

Jumat, 11 November 2011


Salam Pramuka,
        Gerakan Pramuka telah ada dan mengabdi kepada bangsa ini sejak 1961, jadi hari ini 14 Agustus 2011 adalah Hari Pramuka yang ke 50. Atau lebih mudah disebut “Tahun Emas Gerakan Pramuka”.
       Sejak jaman perjuangan gerakan kepanduan ini telah banyak berperan. Mulai pada masa membangkitkan semangat kebangsaan, menggalang semangat persatuan, menegakkan kemerdekaan dan menggelorakan semangat bela negara, para aktifis pandu pada saat itu selalu menjadi pelopor bagi yang lainnya.

       Kini berbagai tantangan sudah kita hadapi dalam kurun waktu 50 tahun. Dan visi yang hendak kita capai adalah “Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah kaum muda” . Tentu memerlukan perjuangan yang luar biasa untuk mewujudkan misi yang luar biasa pula. Untuk itu kita mengajak segenap masyarakat Jawa Timur, untuk mendukung Gerakan Pramuka agar semakin berkembang dan berkualitas. Demi masa depan bangsa dan negara Indonesia.
 
      Untuk menggelorakan semangat, dilakukan berbagai kegiatan dalam peringatan “Tahun Emas Gerakan Pramuka” saat ini. Mulai dari ziarah ke makam Pahlawan yang dilakukan diseluruh Jawa Timur, dan ziarah ke makam Proklamator, untuk mengenang jasa-jasa mereka dalam menegakkan berdirinya bangsa dan jasa mereka kepada Gerakan Pramuka.
      Renungan dan ulang janji yang diselenggarakan juga di seluruh Jawa Timur pada 13 Agustus 2011 jam 21.00 s.d selesai, untuk tingkat daerah dilaksanakan di Kwartir Cabang Gresik bertempat di Bumi Perkemahan Semen Gresik. Dan hari ini puncak acaranya dilakukan dengan Apel Besar Gerakan Pramuka Jawa Timur di halaman Gedung Negara Grahadi, dengan Pembina Upacara Kak Soekarwo SH., M.Hum. selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur.
      Dalam rangkaian peringatan Tahun Emas Gerakan Pramuka ini juga digelar kegiatan lain.Kirab Pataka Tunas Kelapa yang merupakan kegiatan Nasional. Dimana dikirabnya Pataka Tunas Kelapa di 33 Kwartir Daerah di seluruh Indonesia, kirab akan melewati Jawa Timur pada 19 - 22 Oktober 2011.
 
     Kegiatan lain yang luar biasa adalah Apel di dalam laut, yang direncanakan digelar pada 23 Oktober 2011 di Pasirputih Situbondo. Berawal dari ide dan inisiatif para pramuka penyelam Jawa Timur yang akan menggelar apel bawah laut. Kini telah berkembang menjadi kegiatan besar, dimana akan dilakukan pembentangan Bendera Pramuka Raksasa dan selam massal, bukan hanya penyelam pramuka yang berpartisipasi, namun juga akan melibatkan diver dari seluruh Indonesia dan dari luar negeri. 
      Kini saatnya kita satukan tekad dan semangat menyambut Hari Pramuka ke 50, yang merupakan Tahun Emas Gerakan Pramuka. Semoga dengan semangat ini Gerakan Pramuka akan berkembang dan bergerak terus mencapai visinya. Dengan semangat “Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia”, Jayalah Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar